Manchester United Hentikan Laju Kemenangan Beruntun Liverpool

Catatan apik Liverpool sejak awal musim akhirnya terhenti. Adalah Manchester United yang mengakhiri rekor manis tim berjuluk The Red tersebut. Pada pertandingan pekan kesembilan Setan Merah sukses menjinakkan Liverpool di Stadion Old Trafford pada Minggu, 20 Oktober 2019 malam WIB.

Kedua tim mengakhiri pertandingan dengan skor identik, 1-1. Satu-satunya gol United di laga itu dicetak oleh Marcus Rashford di menit ke-36. Sementara gol tunggal tim tamu dicetak oleh Adam Lallana di menit ke-85.

Hasil imbang ini mengakhiri catatan kemenangan beruntun Liverpool sejak awal musim. Di sisi lain menjaga keangkeran Old Trafford di mata Liverpool. Sebagaimana diketahui, Liverpool tak pernah menang saat bermain di kota Manchester.

Meski hanya mendapat satu poin, Liverpool tetap menguasai posisi puncak. Tim besutan Jurgen Klopp itu mengemas total 25 poin dari sembilan pertandingan. Liverpool unggul enam poin dari Manchester City di urutan kedua.

Sementara itu Manchester United kini mengemas total 10 poin dari sembilan pertandingan dan masih berada di papan bawah, tepatnya di urutan ke-13. United hanya berjarak dua poin dari Newcastle United di zona degradasi.

Sebagai tim tamu, Liverpool tidak tampil dengan kekuatan terbaik di laga ini. Salah satu amunisi di lini depan yakni Mohamed Salah tidak menemani Sadio Mane dan Roberto Firmino di lapangan pertandingan. Sebagai ganti posisi pemain internasional Mesir itu, Klopp menempatkan Divock Origi.

Para pendukung tuan rumah lebih dulu bersorak saat pertandingan memasuki menit ke-35. Berawal dari umpan silang Daniel James, Rashford melepaskan sepakan terukur dari jarak dekat yang tak bisa digagalkan kiper Liverpool, Alisson Becker. Gol ini sempat menuai kontroversi karena sempat terjadi perebutan antara Origi dan Lindelof di kotak terlarang.

BACA MENGENAI  Jadwal Pekan 10 Liga Inggris: Duel Maut Liverpool Vs Tottenham Hotspur

Gol ini memancing para pemain Liverpool untuk tampil lebih intens. Jelang babak pertama berakhir Sadio Mane sempat mengoyak gawang David De Gea. Namun wasit Martin Atkinson menganulir gol tersebut. Manchester United pun menjaga keunggulan hingga kedua tim ke ruang ganti.

Setelah jeda, Liverpool berusaha meningkatkan intensitas serangan. Tuan rumah terlihat tampil lebih defensive untuk meredam serangan demi serangan dari Liverpool. Upaya tim tamu baru berbuah manis jelang bubaran.

Lima menit sebelum waktu normal berakhir Adam Lallana sukses mengkonversi umpan silang Andre Robertson untuk memaksa De Gea harus memungut bola dari dalam gawangnya. Hingga wasit meniup peluit panjang, Liverpool gagal menambah pundi-pundi gol.

Susunan pemain Manchester United versus Liverpool:

Manchester United: 1-David De Gea; 5-Harry Maguire, 2-Victor Lindelof, 38-Alex Tuanzebe; 29-Aaron Wan-Bissaka, 18-Ashley Young, 39-Scott McTominay, 17-Fred; 15-Andreas Pereira (53-William 90+3′), 21-Daniel James, 10- Marcus Rashford (9-Anthony Martial 84′)

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Liverpool: 1-Alisson Becker; 26-Andy Robertson, 4-Virgil Van Dijk, 32-Joel Matip, 66-Trent Alexander-Arnold; 5-Georginio Wijnaldum (8-Naby Keita 82′), 3-Fabinho, 14-Jordan Henderson (20- Adam Lallana 70′); 10-Sadio Mane, 9-Roberto Firmino, 27-Divock Origi (15-Alex Oxlade-Chamberlain 59′)

Pelatih: Juergen Klopp