Komentar Pelatih Timnas U-23 Indonesia Usai Takluk dari Vietnam

Pelatih tim nasional U-23 Indonesia, Indra Sjafri akan melakukan evaluasi menyusul hasil negatif di babak grup SEA Games 2019. Skuad Garuda gagal mendulang poin sempurna saat menghadapi tim nasiona U-23 Vietnam di pertandingan ketiga Grup B SEA Games 2019.

“Evaluasi pastinya setelah menganalisa dari menit pertama hingga menit ke-90. Pasti kami akan perbaiki. Setelah ini, kami akan fokus. Bukan haya setelah kekalahan ini, tapi bagaimana cara kami melakoni dua pertandingan selanjutnya,” beber Indra Sjafri.

Lebih lanjut Indra mengatakan dirinya enggan menyebut lawan bermain lebih baik dibanding Indonesia. Ia berharap kedua tim bisa bertemu lagi di babak final.

“Saya tidak mau bilang Vietnam jauh lebih baik dari kita Anda bisa lihat di pertandingan tadi, dua kali 45 menit Vietnam kesulitan untuk bermain dengan kita. Jadi, ini hanya nasib saja Vietnam bisa menang lawan kita. Mudah-mudahan bisa bertemu di final nanti,” sambung mantan pelatih timnas U-19 Indonesia itu.

Sebagaimana diketahui laga yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Filipina, pada Minggu, 1 Desember 2019 malam WIB itu, berakhir dengan skor 1-2 untuk kemenangan Vietnam.

Satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh Fauzi Riski Sani di menit ke-23. Sementara itu sepasang gol Vietnam dicetak oleh Nguyen Thanh Chung di menit ke-63 dan Nguyen Hoang Duc di penghujung pertandingan.

Kekalahan ini membuat perolehan poin Indonesia tertahan di angka enam. Indonesia pun harus puas berada di urutan ketiga, kalah selisih gol dari Thailand di urutan kedua. Sementara itu Vietnam berada di urutan teratas dengan hasil sempurna dari tiga pertandingan.

Indonesia dan Vietnam yang sama-sama berambisi memenangi laga ini menurunkan formasi terbaik di laga ini. Indonesia yang kerap mendapat tekanan dari Vietnam lebih dulu membuka keunggulan di menit ke-23.

BACA MENGENAI  Sterling Gemilang, Man City Cukur Atalanta di Liga Champions

Berawal dari umpan silang Asnawi Mangkualam Bahar, bola tak mampu ditangkap dengan sempurna oleh kiper Vietnam, Bui Tien Dung. Bola kemudian disambar Fauzi dengan sundulan mematikan.

Gol ini membuat Vietnam semakin gencar menekan. Namun Indonesia mampu menjaga keunggulan di babak pertama. Vietnam meningkatkan intensitas serangan di babak kedua. Dari berbagai percobaan Vietnam akhirnya mampu menyamakan kedudukan dan berbalik unggul jelang bubaran.

Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam pada Selasa, 3 Desember 2019. Pertandingan ini penting bagi Indonesia untuk menjadi kesempatan mencetak banyak gol sekaligus menjaga asa ke babak selanjutnya. Sementara itu Brunei sudah dipastikan tersingkir.

Susunan pemain timnas U-23 Indonesia versus timnas U-23 Vietnam:

Timnas Indonesia U-23: 12-Nadeo Arga Winata; 13-Rachmat Irianto, 2-Andy Setyo Nugroho, 5-Bagas Adi Nugroho, 3-Dodi Alekvan Dijin, 14-Asnawi Mangkualam Bahar; 7-Zulfiandi, 18-Mila Zahrul Irkham, 16-Fauzi Riski Sani, Saddil Ramdani; 20-Osvaldo Haay

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas U-23 Vietnam: 1-Bui Tien Dung; 2-Do Thanh Thinh, 4-Ho Tan Tai, 5-Doan Van Hau, 3-Huynh Tan Sinh; 8-Nguyen Trong Hoang, 16-Do Hung Dung, 19-Nguyen Quang Hai; 18-Nguyen Thanh Chung, 14-Nguyen Hoang Duc, 22-Nguyen Tien Linh

Pelatih: Park Hong-seo