Kalah Telak di Kandang PSM, Persipura Gagal Dekati Bali United

Persipura Jayapura memetik pil pahit di laga tunda Liga 1 2019. Bertandang ke markas PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, Makassar pada Senin, 18 November 2019, skuad Mutiara Hitam menyerah dengan skor telak 0-4.

Empat gol tuan rumah dicetak oleh Ezra Walian di menit ke-12, Rizky Eka di menit ke-34, Amido Balde di menit ke-45+2, dan Ferdinand Sinaga di menit ke-90+3.

Kekalahan ini membuat Persipura gagal mendekati Bali United di urutan teratas. Perolehan poin Persipura tertahan di angka 44. Meski tetap mengamankan posisi kedua, Persipura tidaklah aman karena mereka hanya unggul selisih gol dari peringkat ketiga, Madura United.

Sementara itu tambahan tiga poin dari laga kandang ini sangat berarti bagi PSM. Tim tersebut pun naik ke peringkat kedelapan dengan tabungan total 39 poin dari 27 pertandingan yang telah dijalani.

Persipura dan PSM tampil dengan formasi terbaik. Namun Persipura tidak diperkuat sang kapten sekaligus andalan di lini depan, Boaz Solossa. Situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh tuan rumah.

Tekanan yang diberikan sejak menit awal terbukti efektif. Tuan rumah mampu mencuri gol cepat di menit ke-12 dan menambah dua gol lagi untuk mencatatkan keunggulan tiga gol di paruh pertama.

Persipura berusaha bangkit di babak kedua. Namun upaya tersebut tak membuahkan hasil. Tuan rumah justru mampu menambah gol di penghujung laga. Ferdinand Sinaga berhasil mencatatkan namanya di papan skor sekaligus menutup pesta gol tuan rumah.

Pelatih Persipura, Jecksen F Thiago membeberkan alasan kekalahan telak timnya. Menurut pelatih berdarah Brasil itu, dua gol awal terjadi karena kesalahan timnya. Timnya kurang berkonsentrasi sehingga mampu dimanfaatkan oleh lawan.

BACA MENGENAI  Leicester Pesta 9 Gol ke Gawang Southampton di Pekan 10 Liga Inggris

“Dua gol PSM itu semuanya berawal dari lemparan ke dalam. Saya sebenarnya sudah menyiapkan cara untuk mengatasinya. Tapi, tidak berjalan sesuai rencana,” beber Jacksen.

“PSM berhasil memanfaatkan situasi ini dengan mendapatkan dua gol tambahan lewat serangan balik,” sambungnya.

Tampil tanpa Boaz juga berpengaruh pada penampilan timnya. Kehadiran Boaz, menurut Jacksen, sedikit banyak membuat tuan rumah lebih waspada.

“Memang kami sering bermain tanpa Boaz. Tapi, menghadapi tim besar seperti PSM jelas berbeda. Mungkin kalau Boaz main, PSM bermain lebih waspada,” tegas mantan pelatih Barito Putera itu.

Susunan pemain PSM Makassar versus Persipura Jayapura:

PSM Makassar: 20-Rivky Mokodompit; 32-Beny Wahyudi, 2-Aaron Evans, 16-Munhar, 26-Taufik Hidayat; 19-Rizky Pellu, 17-Rasyid Bakri (48-M Arfan 66′), 24-Rizky Eka Pratama, 10-Marc Klok; 90-Amido Balde (6-Ferdinand Sinaga 83′), 30-Ezra Walian (11-M Rahmat 78′).

Pelatih: Darije Kalezic.

Persipura Jayapura: 27-Dede Sulaiman; 44-Anis Tjoe, 4-Ricardo Salampessy (28-Israel Wamiau 37′), 3-Andre Ribeiro, 21-Yustinus Pae; 32-Muhammad Tahir (7-Ronaldo Wanma 60′), 8-Oh In-kyun, 13-Ian Louis Kabes, 46-Todd Rivaldo Ferre; 33-Gunansar Mandowen, 25-Titus Bonai.

Pelatih: Jacksen F Tiago