Eks Bintang Barcelona Sebut Guardiola Lahir Sebagai Seorang Juara

Kiprah Pep Guardiola di kancah sepak bola dunia memang mengagumkan. Pelatih asal Spanyol itu terkenal sangat bertangan dingin, mampu membuat setiap klub yang ditanganinya sukses berprestasi. Beberapa klub yang pernah merasakah sentuhan magisnya adalah Barcelona dan Bayern Muenchen.

Saat ini Guardiola tercatat sebagai pelatih Manchester City. Sekalipun belum mampu mempersembahkan trofi Liga Champions seperti saat membesut Barcelona, di tangan Pep Guardiola, City menjadi klub yang disegani di Inggris.

Mantan bintang Barcelona, Xavi Hernandez pun melayangkan pujian kepada mantan pelatihnya itu. Sosok yang pernah bekerja sama dengan Guardiola itu menyarankan pelatih City itu untuk mengalihkan fokus ke Liga Champions. Hal ini cukup beralasan. Selain ketertinggalan dari Liverpool cukup jauh, Liga Champions adalah salah satu gelar yang belum pernah diraih klub asal kota Manchester itu.

“Pep itu terlahir sebagai seorang juara. Pasti menyakitkan baginya melihat Manchester City tertinggal jauh dari Liverpool di liga, dia tak akan menyerah,” ungkap Xavi.

Lebih lanjut Xavi mengatakan Guardiola juga sosok yang realistis. Ia tahu seperti apa situasi timnya saat ini dalam perbandingan dengan tim-tim lain. Untuk menjadi juara Liga Primer Inggris musim ini tentu semakin sulit mengingat jarak antara City dan pemuncak klasemen, Liverpool terpaut jauh.

“Tapi dia juga akan bersikap realistis. Gapnya saat ini terlalu besar, dan tampaknya sulit bagi City meraih gelar Liga Inggris tiga kali beruntun. Jika dipikir, menurut saya kemungkinan besar Pep akan memprioritaskan Liga Champions,” lanjut Xavi.

Mantan pemain tim nasional Spanyol itu meminta Guardiola untuk mempersiapkan timnya menghadapi laga berat di babak 16 besar Liga Champions Eropa. City akan bersaing dengan pengoleksi trofi Liga Champions terbanyak yakni Real Madrid.

BACA MENGENAI 

“Dua laga melawan Real Madrid (di 16 besar) sudah menanti mereka, dan mereka bisa mengistirahatkan sejumlah pemain, yang tak mungkin dilakukan jika mereka sedang dalam perburuan gelar di liga. Pep tentu ingin memenangi semua trofi, namun jika kalian bertanya padanya di awal musim, saya yakin dia akan bilang dia lebih suka Liga Champions (ketimbang trofi lain),” sambungnya.

Saat ini posisi Liverpool di puncak Liga Primer Inggris semakin nyaman. Tim berjuluk The Reds itu unggul cukup jauh dari para pesaing terdekat seperti Leicester City dan Manchester City. Dengan raihan total 55 poin dari 19 pertandingan, Si Merah unggul 13 poin dari Leicester City di posisi kedua.

Sebagai juara bertahan, posisi Manchester City masih berjarak 14 angka dari sang pemuncak klasemen sementara. Jarak ini bukan hal mudah untuk dipangkas, apalagi disamai.