Indonesia dan 14 Tim yang Lolos Piala Asia U-19 2020

Prestasi gemilang baru saja ditorehkan tim nasional U-19 Indonesia. Skuad Garuda Muda sukses menyegel satu tempat di putaran final Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan. Hal ini dipastikan setelah menahan imbang timnas U-19 Korea Utara di laga terakhir penyisihan Grup K.

Indonesia lolos ke putaran final dengan status juara Grup K. Tambahan satu poin di laga tersebut melengkapi koleksi poin Indonesia menjadi tujuh. Indonesia unggul dua angka dari Korea Utara di tempat kedua.

Sementara itu Korea Utara masih berpeluang lolos ke putaran final. Namun tim ini harus bersaing dengan banyak kontestan untuk meraih empat tiket tim peringkat kedua terbaik.

Indonesia menjadi satu dari sedikit wakil Asia Tenggara yang akan tampil di putaran final. Selain Indonesia, Asia Tenggara juga diwakili oleh Malaysia yang menjadi juara Grup G, Laos (runner up terbaik) dan Vietnam (runner up terbaik).

Kelolosan Indonesia tentu menjadi prestasi tersendiri. Tak heran banyak pujian berdatangan. Salah satunya dari Presiden Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), Sheikh Salman Bin Ibrahim Al-Khalifa.

“Saya juga ingin mengucapkan selamat atas lolosnya Timnas U-19 Indonesia ke Piala Asia 2020,” ungkap Sheikh Salman.

Usai meloloskan timnas U-19, pelatih Fakhri Husaini mundur. Mantan pemain tim nasional Indonesia itu meletakkan jabatan tersebut menyusul berakhirnya kontrak pada akhir tahun ini.

“Ikatan batin itu tentu ada. Mereka [Timnas Indonesia U-19) sudah saya anggap sebagai anak sendiri. Kami pernah sakit dan senang sama-sama, kena panas dan hujan juga sama-sama. Menghadapi pujian dan kritik sama-sama,” beber Fakhri.

Lebih lanjut pelatih asal Aceh itu mengatakan berat untuk meninggalkan timnas U-19. Namun bagaimanapun juga ia harus merelakan hal tersebut. Baginya, tidak ada yang abadi di sepak bola.

“Tidak mudah [merelakan] tapi ini harus [direlakan]. Tidak ada yang abadi di sepak bola. Jadi, sukses atau gagal di sepak bola itu tipis saja,” sambungnya.

Sejauh ini pengurus PSSI belum memperpanjang kontraknya. Pelatih berusia 54 tahun itu menilai, PSSI mungkin memiliki pertimbangan tersendiri.

 

“Pengurus PSSI mungkin punya pandangan yang berbeda. Atau pelatih yang gagal lalu diganti saya kira itu wajar,” lanjutnya.

Terkait statusnya sebagai pelatih timnas U-19, Fakhri mengatakan itu merupakan hal yang biasa. Tidak ada yang istimewa dengan jabatan tersebut.

“Tidak ada yang istimewa saya lanjut [pelatih Timnas Indonesia U-19] atau tidak. Buat saya biasa saja, biarkan saja mengalir,” pungkasnya.

Putaran final Piala Asia U-19 2020 sendiri akan berlangsung di Uzbekistan, 14-31 Oktober 2020.

Berikut Daftar 14 Tim Lolos Piala Asia U-19 2020:
Uzbekistan (Tuan rumah)
Qatar (Juara grup B)
Tajikistan (Juara grup C)
Iran (Juara grup D)
Bahrain (Juara grup E)
Arab Saudi (Juara grup F)
Malaysia (Juara grup G)
Australia (Juara grup H)
Korea Selatan (Juara grup I)
Jepang (Juara grup J)
Indonesia (Juara grup K)
Laos (Runner up terbaik)
Vietnam (Runner up terbaik)
Yaman (Runner up terbaik)

Kemenangan di Pekan ke-12 Kembalikan Man United ke Jalur Positif

Manchester United telah kembali ke jalur positif usai memetik kemenangan di pekan ke-12 Liga Primer Inggris. Pada pertandingan yang digelar di kandang sendiri di Stadion Old Trafford pada Minggu, 10 November 2019 malam WIB, Setan Merah mencatatkan kemenangan atas Brighton & Hove Albion dengan skor 3-1.

Tiga gol The Red Devils dicetak oleh Andreas Pereira di menit ke-17, gol bunuh diri Davy Propper di menit ke-19, dan Marcus Rashford di menit ke-66. Sementara itu satu-satunya gol tim tamu dilesatkan oleh Lewis Dunk di menit ke-64.

Kemenangan ini sangat penting bagi Setan Merah. Tambahan tiga poin membuat United naik ke posisi ketujuh dengan tabungan total 16 poin dari 12 pertandingan. Setan Merah berjarak sembilan poin dari rival sekota, Manchester City di urutan keempat dan terpaut 10 poin dari Chelsea dan Leicester City di dua besar. Sementara itu posisi puncak masih ditempati Liverpool dengan tabungan total 34 poin dari 12 pertandingan.

Sementara itu kekalahan ini membuat Brighton tertahan di papan bawah, tepatnya di urutan ke-11 dengan raihan total 15 poin dari 12 pertandingan. Tim tersebut berjarak tujuh poin dari Watford di zona degradasi.

Pelatih United, Ole Gunnar Solskjaer menurunkan formasi terbaik di laga ini. Sejak menit awal mereka langsung menekan. Hasilnya mereka mampu mencetak dua gol di babak pertama. Di babak kedua, tim tamu berusaha mengejar ketertinggalan. Mereka sempat mencetak satu gol, namun tuan rumah mampu mengunci pertandingan dengan kemenangan 3-1.

Kemenangan ini sekaligus mengembalikan semangat para pemain setelah di pekan sebelumnya takluk satu gol tanpa balas dari tim papan bawah, Bournemouth. Namun demikian Solskjaer menyayangkan timnya hanya mampu mencetak tiga gol di laga ini. Seharunya, United bisa mencetak banyak gol.

“Kami seharusnya mencetak lebih banyak gol. Itu adalah penampilan yang sangat bagus dari para pemain, ketika Anda melihat kami menyerang, itu adalah suka cita untuk ditonton,” beber Solskjaer.

Lebih lanjut pelatih asal Norwegia itu angkat bicara terkait performa sejumlah pemain. Ia memuji para pemain yang sudah berkontribusi meski tidak mencetak gol.

“Anthony Martial tidak mencetak gol, tetapi dia luar biasa. Brandon Williams juga luar biasa, dia sudah memiliki beberapa pertandingan bagus dan sepertinya ingin berada di luar sana dan menikmati dirinya sendiri,” sambungnya.

Susunan pemain Manchester United versus Brighton & Hove Albion:

Manchester United: David De Gea, Lindelof, Maguire, Wan-Bissaka, Williams (Rojo 90+1′), Fred, Andreas Pereira (Lingard 70′), James, McTominay, Martial, Rashford (Greenwood 90′)

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Brighton & Hove Albion: Ryan, Duffy, Burn, Dunk, Montoya (March 46′), Stephens, Propper, Alzate, Trossard (Gross 58′), Maupay, Connolly (Murray 46′)

Pelatih: Graham Potter

Hadapi Partizan, Manchester United Targetkan Kemenangan

Manchester United mengincar kemenangan di matchday keempat Liga Europa saat menghadapi Partizan Belgrade di Stadion Old Trafford pada Kamis, 7 November 2019 waktu setempat atau Jumat dini hari WIB.

Bermain di kandang sendiri tentu membuat Setan Merah akan mendapat dukungan lebih. Ditambah lagi kemenangan di laga ini akan memuluskan mereka ke babak selanjutnya. Di pertandingan sebelumnya, Setan Merah sukses membungkam Partizan satu gol tanpa balas berkat gol penalti Anthony Martial.

Di laga ini armada Ole Gunnar Solskjaer tentu mengincar kemenangan. Tambahan tiga poin akan membuat United makin nyaman di puncak klasemen Grup L. Saat ini United sudah mengemas tujuh poin, unggul dua poin atas AZ Alkmaar di urutan kedua dan tiga poin dari Partizan. Sementara itu posisi buncit di grup ini ditempati Astana yang belum mendulang satu poin pun.

“Prioritas sekarang adalah mengembalikan pemain dalam kondisi bugar dan melaju ke babak berikutnya [di ajang Liga Europa],” beber Solskjaer.

Lebih lanjut pelatih asal Norwegia itu mengatakan pihaknya masih belum memutuskan pemain yang akan diboyong di bursa transfer musim dingin nanti.

“Kami selalu melihat jangka panjang dengan transfer, mungkin takkan ada, mungkin ada satu pemain, bisa jadi dua di bulan Januari. Selalu di musim panas… anda tak bisa melakukan terlalu banyak pembelian besar pada bulan Januari,” sambungnya.

Di pertandingan ini Solskjaer berpeluang menurunkan para pemain muda yang tampil cukup baik di laga-laga sebelumnya seperti Mason Greenwood dan Brandon Williams.

“Mason telah memberikan kami kemenangan, Brandon bermain dengan fantastis di Belgrade, Jimmy [Garner] tampil pada laga tersebut dengan sangat baik. Kami telah memberikan pemain lainnya kesempatan untuk bermain yang penting untuk jangka panjang,” tegasnya.

3 Pertemuan Terakhir Kedua Tim:

24-10-2019 Partizan 0-1 MU (UEL)

20-04-1966 MU 1-0 Partizan (European Champions Clubs’ Cup)

13-04-1966 Partizan 2-0 MU (European Champions Clubs’ Cup).

5 Pertandingan Terakhir Manchester United:

20-10-2019 MU 1-1 Liverpool (EPL)

24-10-2019 Partizan 0-1 MU (UEL)

27-10-2019 Norwich 1-3 MU (EPL)

31-10-2019 Chelsea 1-2 MU (Carabao Cup)

02-11-2019 Bournemouth 1-0 MU (EPL).

5 Pertandingan Terakhir Partizan:

19-10-2019 Lucani 1-0 Partizan (Liga)

24-10-2019 Partizan 0-1 MU (UEL)

27-10-2019 Partizan 4-0 Subotica (Liga)

30-10-2019 Cukaricki 2-1 Partizan (Liga)

02-11-2019 Partizan 4-0 Vojvodina (Liga).

Perkiraan Starting Line-up Manchester United versus Partizan:

Manchester United: (4-3-1-2): Sergio Romero; Ashley Young, Marcos Rojo, Jones, Aaron Wan-Bissaka; Garner, McTominay, Pereira; Jesse Lingard; Greenwood, Anthony Martial.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer.

Partizan (4-2-3-1): Stojkovic; Urosevic, Pavlovic, Ostojic, Miletic; Zdjelar, Natkho; Asano, Soumah, Tosic; Sadiq.

Pelatih: Savo Milosevic.

Pasca Pemecatan Niko Kovac, Muenchen Targetkan Menang Kontra Olympiakos

Bayern Muenchen akan menghadpai matchday keempat Liga Champions Eropa menghadapi Olympiakos pada Rabu, 6 November 2019 waktu setempat atau Kamis dini hari WIB. Pertandingan ini akan digelar di kandang sendiri di Stadion Allianz Arena.

Sebagai tuan rumah Die Roten tentu menargetkan kemenangan di laga ini. Selain itu ini menjadi ujian bagi tim tersebut setelah sang pelatih, Niko Kovac dipecat beberapa waktu lalu menyusul kekalahan telak di pentas Bundesliga Jerman.

Di pertandingan ini FC Hollywood akan ditangani oleh pelatih sementara Hansi Flick. Tentu Hansi Flick akan berjuang maksimal agar timnya bisa kembali ke jalur kemenangan pasca kekalahan menyakitkan tersebut.

Selain itu memenangi laga ini akan memuluskan langkah mereka ke babak selanjutnya. Saat ini Muenchen masih nyaman di puncak klasemen Grup B dengan tabungan total sembilan poin dari tiga pertandingan. Muenchen berjarak cukup jauh dari Tottenham Hotspur di urutan kedua yang baru mendulang empat poin. Sementara itu Olympiakos baru mengemas satu poin dari berada di dasar klasemen sementara.

Sekalipun peluang lolos ke babak selanjutnya semakin tertutup, klub asal Yunani itu tentu tidak ingin menjadi bulan-bulanan di markas Muenchen.

“Kami yang berada di lapangan dan kami yang membawa tanggung jawab untuk memberikan kemenangan pada tim. Ada banyak pertanyaan yang harus ditujukan pada diri kami sendiri. Kami harus bisa lebih baik lagi. Di pertandingan nanti kami harus punya kemauan besar untuk menang” beber pemain Muenchen, Joshua Kimmich.

5 Pertemuan Terakhir Kedua Tim:

23-10-2019 Olympiakos 2-3 Bayern (UCL)

24-11-2015 Bayern 4-0 Olympiakos (UCL)

16-09-2015 Olympiakos 0-3 Bayern (UCL)

01-10-1980 Bayern 3-0 Olympiakos (European Champions Clubs’ Cup)

17-09-1980 Olympiakos 2-4 Bayern (European Champions Clubs’ Cup).

5 Pertandingan Terakhir Bayern Muenchen:

19-10-2019 Augsburg 2-2 Bayern (Bundesliga)

23-10-2019 Olympiakos 2-3 Bayern (UCL)

26-10-2019 Bayern 2-1 Union Berlin (Bundesliga)

30-10-2019 Bochum 1-2 Bayern (DFB Pokal)

02-11-2019 Frankfurt 5-1 Bayern (Bundesliga).

5 Pertandingan Terakhir Olympiakos:

06-10-2019 Aris 1-2 Olympiakos (Liga)

19-10-2019 Olympiakos 2-1 Crete (Liga)

23-10-2019 Olympiakos 2-3 Bayern (UCL)

28-10-2019 Olympiakos 2-0 AEK (Liga)

03-11-2019 Xhanti 0-0 Olympiakos (Liga).

Perkiraan Starting Line-up Bayern Muenchen versus Olympiakos:

Bayern Muenchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Benjamin Pavard, Jerome Boateng, David Alaba; Javi Martinez, Thiago Alcantara; Ivan Perisic, Serge Gnabry, Thomas Muller; Robert Lewandowski

Pelatih: Hansi Flick

Olympiakos (4-2-3-1): Pedro Sa; Omar Elabdellaoui, Yassine Meriah, Ruben Semedo, Kostas Tsimikas; Guilherme, Andreas Bouchalakis; Mohamed Camara, Daniel Podence, Giorgos Masouras; Youssef El Arabi

Pelatih: Pedro Martins

Persija Menangi Derbi Kontra PS Tira, Perlahan-lahan Tinggalkan Zona Merah

Persija Jakarta sukses memetik kemenangan dalam lanjutan pretandingan Liga 1 2019. Menghadapi PS Tira-Persikabo, skuad Macan Kemayoran menang dua gol tanpa balas pada pertandingan yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat pada Minggu, 3 November 2019.

Sepasang gol tim ibu kota dicetak oleh Alexandre Luiz Reame di menit ke-52 dan Marko Simic di menit ke-72. Tambahan tiga poin membuat Persija perlahan meninggalkan zona degradasi. Tim tersebut mengemas total 27 poin dari 24 laga dan menempati posisi ke-14. Persija berjarak tiga poin dari Persela Lamongan.

Sementara itu kekalahan ini membuat PS Tira gagal memperbaiki posisi di tabel klasemen sementara. Perolehan poin tim tersebut tertahan di angka 37 dari 26 poin dan berada di urutan ketujuh. PS Tira gagal menyalip Arema FC dan PSS Sleman di urutan kelima.

Persija dan PS Tira menampilkan permainan atraktif. Kedua tim berusaha mencari peluang sejak menit awal. Namun hingga babak pertama berakhir skor tetap kaca mata.

Persija mampu memecah kebuntuan di awal babak kedua. Pemain bertahan Alexandre Luiz sukses mencatatkan namanya di papan skor. Marko Simic turut mencetak gol sekaligus mengunci kemenangan timnya.

“Pertandingan yang sangat menarik hari ini. Tira-Persikabo bukan tim lemah, serta kami mengubah 3-4 pemain di tim. Hal itu karena kami memiliki lebih dari empat laga selama kurang dari satu bulan ini,” ungkap Edson Araujo Tavares usai pertandingan.

Lebih lanjut pelatih Persija Jakarta itu mengatakan kemenangan di laga ini menjadi modal penting bagi timnya untuk menghadapi laga selanjutnya. Persija akan melawat ke markas Semen Padang dan akan menghadapi pertandingan lanjutan tiga hari kemudian.

“Lusa kami akan berangkat ke Padang, selanjutnya tiga hari lagi ada pertandingan lainnya, serta tiga hari berikutnya main game lagi,” lanjutnya.

Pelatih yang baru saja menempati posisi tersebut mengaku laga tersebut tidaklah mudah. PS Tira adalah lawan yang kuat sehingga timnya cukup kerepotan mencetak gol. Namun secara keseluruhan ia puas dengan performa timnya.

“Pertandingan ini sangat luar biasa karena tim bermain baik, apalagi kami mengubah tiga hingga empat pemain karena kami punya empat partai kurang dari satu bulan. Saya puas dengan performa pemain hari ini,” sambungnya.

Susunan pemain Persija versus PS Tira:

Persija Jakarta: 26-Andritany Ardhiyasa (PG), 2-Alexandre Luiz Reame, 19-Fachrudin Wahyudi Aryanto, 4-Ryuji Utomo, 16-Tony Sucipto, 18-Joan Tomas Campasol (25-Riko Simanjuntak 51′), 11-Novri Setiawan, 99-Rachmad Hidayat (28-M. Rezaldi Hehanussa 78′), 32-Rohit Chand (45-Sandi Darman Sute 33′), 94-Heri Susanto, 9-Marko Simic.

Pelatih: Edson Araujo Tavares

PS Tira-Persikabo: 1-Angga Saputro, 19-Khurshed Beknazarov, 17-Mountala Zoubairou Garba, 3-Muhammad Abduh Lestaluhu, 12-Muhammad Rifad Marasabessy, 77-Ciro Alves, 10-Muhammad Guntur Triaji, 11-Osas Saha (89-Sansan Fauji Husaeni 69′), 6-Parfait Louis Essengue (8-Rezky Ikhwan 89′), 68-Roni Sugeng Ariyanto (95-Prisca Elisa Womsiwor 80′), 23. Wawan Febriyanto.

Pelatih: Rahmad Darmawan

Hasil Lengkap Babak 16 Besar Piala Liga Inggris: Liverpool dan Arsenal Melaju

Babak 16 besar Piala Liga Inggris atau Carabao Cup baru saja berakhir. Sebanyak delapan tim sudah memastikan diri ke babak delapan besar. Beberapa tim papan atas Liga Primer Inggris yang harus beradu harus tersingkir. Arsenal dan Chelsea adalah dua tim papan atas yang langkahnya terhenti.

Chelsea harus menyerahkan tiket perempat final kepada Manchester United. Manchester United yang menghadapi Chelsea di Stadion Stamford Bridge pada Rabu, 30 Oktober 2019 waktu setempat atau Kamis dini hari WIB menang dengan skor 2-1.

Sepasang gol Setan Merah diborong oleh Marcus Rashford. Rashford mencetak gol di menit ke-25 dari titik penalti dan di menit ke-73. Sementara itu satu-satunya gol Chelsea dicetak oleh Michy Batshuayi di menit ke-61.

Kemenangan ini meloloskan The Red Devils ke babak delapan besar. Sementara itu Chelsea harus menguburkan harapan untuk meraih trofi Piala Liga Inggris musim ini sekaligus gagal melanjutkan tren positif dalam beberapa pertandingan terakhir.

Sementara itu Liverpool berhasil menyingkirkan Arsenal. Pada pertandingan yang digelar di kandang sendiri di Stadion Anfield pada Rabu, 30 Oktober 2019 waktu setempat atau Kamis dini hari WIB itu, The Reds mencatatkan kemenangan lewat drama adu penalti.

Kedua tim menjalani adu tos-tosan setelah bermain imbang 5-5 di waktu normal. Dalam drama adu penalti, Liverpool menang dengan skor 5-4. Lima gol Liverpool di waktu normal dicetak oleh penalti James Milner di menit ke-43, Alex Oxlade-Chamberlain di menit ke-58, brace Divock Origi di menit ke-62 dan 90+4, serta gol bunuh diri Shkodran Mustafi di menit keenam.

Tim lainnya yang lolos ke babak selanjutnya adalah Leicester City, Crawley Town, Everton, Manchester City, Oxford United, dan Aston Villa. Sementara itu tim Liga Primer Inggris lainnya yang harus tersingkir adalah Wolverhampton Wanderers yang menyerah kalah dari Aston Villa.

Selanjutnya para kontestan akan menjalani pertandingan babak 16 besar yang digelar pada 16 Desember 2019. Namun sebelum itu mereka akan mengetahui lawannya untuk memperebutkan tiket perempat final melalui pengundian pada Kamis, 31 Oktober 2019 waktu setempat.

Berikut Hasil Lengkap Babak 16 Besar Piala Liga Inggris:

Burton Albion 1-3 Leicester City
Crawley Town 1-3 Colchester United
Everton 1-0 Watford
Manchester City 3-1 Southampton
Oxford United 1-1 (4-2) Sunderland
Liverpool 5-5 (5-4) Arsenal)
Aston Villa 2-1 Wolves
Chelsea 1-2 Manchester United

Berikut 8 klub yang berhasil lolos ke babak perempat final Piala Liga Inggris:

– Manchester City

– Oxford United

– Leicester City

– Everton

– Colchester

– Liverpool

– Aston Villa

– Manchester United

Jadwal Pertandingan Rabu, 30 Oktober: Babak 4 Carabao Cup

Carabao Cup atau Piala Liga Inggris akan memasuki babak keempat. Sejumlah laga menarik akan tersaji. Tim-tim unggulan yang berlaga di Liga Primer Inggris bahkan akan saling berhadapan.

Juara Liga Champions Eropa, Liverpool akan berhadapan dengan sesame tim kuat dari Liga Primer Inggris yakni Arsenal. Liverpool akan bertindak sebagai tuan rumah pada pertandingan yang digelar di Stadion Anfield pada Kamis, 31 Oktober 2019 itu.

Laga lainnya yang tak kalah menarik akan pertemuan antara Chelsea kontra Manchester United. Chelsea akan bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Stamford Bridge. Tentu kedua tim akan menurunkan komposisi terbaik demi meraih kemenangan.

Pertandingan yang tak kalah seru akan mempertemukan Manchester City kontra Southampton. City akan bertindak sebagai tuan rumah pada pertandingan yang akan digelar di Stadion Etihad pada Selasa, 29 Oktober 2019 waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.

Kedua tim jelas sama-sama bertekad meraih kemenangan di laga ini. Sebagai tuan rumah Manchester Biru tentu tidak ingin membuang kesempatan untuk melangkah ke babak selanjutnya. Namun tim tamu yang berjuluk Soton bukanlah tim lemah yang mudah dikalahkan.

Di tengah padatnya jadwal pertandingan, kedua pelatih pasti akan berpikir keras untuk meramu strategi di laga ini. Pelatih Manchester City, Pep Guardiola menyebut timnya memiliki banyak pemain, termasuk para pemain muda yang siap diturunkan di laga ini.

“Kami memiliki pemain akademi dan solusi lain yang [bisa dicoba] untuk mengatasi masalah yang ada di lini belakang saat menghadapi Southampton. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, kami dapat melaju ke babak berikutnya,” beber Guardiola.

Sementara itu Soton baru saja tersakiti setelah dipermalukan Leicester City di pentas Liga Primer Inggris beberapa waktu lalu. Saat itu, Soton kalah sembilan gol tanpa balas. Hal ini membuat Soton sedang dalam tekanan dan tantangan besar.

Di atas kertas City tentu lebih diunggulkan. Tim tersebut memiliki segudang pemain. Di lini depan performa Raheem Sterling sedang menanjak. Pemain tersebut beberapa kali selalu mencuri hati sang pelatih.

Berikut jadwal pertandingan selengkapnya pada Rabu, 30 Oktober:

EFL CARABAO CUP

02:45 WIB – Manchester City vs Southampton – Mola TV (Live)
02:45 WIB – Burton Albion vs Leicester City – Mola TV (Live)
02:45 WIB – Everton vs Watford – Mola TV (Live)

LA LIGA

01:00 WIB – Alaves vs Atletico Madrid – beIN Sports 1 (Live)
03:15 WIB – Barcelona vs Real Valladolid – beIN Sports 1 (Live)

SERIE A

01:00 WIB – Parma vs Hellas Verona – beIN Sports 2 (Live)
03:00 WIB – Brescia vs Inter Milan – beIN Sports 2 (Live)

FIFA WORLD CUP U-17

03:00 WIB – Angola vs Kanada – Mola TV (Live)
03:00 WIB – Nigeria vs Ekuador – Mola TV (Live)
06:00 WIB – Australia vs Hungaria – Mola TV (Live)
06:00 WIB – Brasil vs Selandia Baru – Mola TV (Live)

INDIAN SUPER LEAGUE

21:00 WIB – Chennaiyin vs ATK – Fox Sports 2 (Live)

SHOPEE LIGA 1

18:30 WIB – Madura United vs Tira Persikabo – Indosiar (Live)

 

Leicester Pesta 9 Gol ke Gawang Southampton di Pekan 10 Liga Inggris

Kejutan terjadi di pekan ke-10 Liga Primer Inggris. Leicester City sukses mempecundangi Southamton sembilan gol tanpa balas. Luar biasanya lagi, Leicester bertindak sebagai tim tamu di laga yang digelar di Stadion St.Mary pada Sabtu, 26 Oktober 2019 dini hari WIB.

Sembilan gol tim tamu disumbangkan oleh lima orang berbeda. Sang striker Jamie Vardy mencetak hattrick masing-masing di menit ke-45, 58, dan 90+2. Ayoze Perez pun mencetak tiga gol di menit ke-19, 39, dan 57. Tiga gol lainnya dipersembahkan oleh Ben Chilwell di menit ke-10, Youri Tielemans di menit ke-17, dan James Maddison di menit ke-85.

Kemenang ini membuat Leicester kini mengemas total 20 poin dari 10 pertandingan. Sebelum Manchester City memainkan pertandingan ke-10, Leicester berhak atas posisi kedua. Posisi teratas ditempati oleh Liverpool yang sudah mengemas 25 poin dari sembilan laga.

Sementara itu kekalahan ini membuat Southampton gagal memperbaiki posisi di tabel klasemen sementara. Tim yang bernama lain Soton itu masih terperangkap di zona degradasi. Dengan raihan total delapan poin dari 10 pertandingan, Soton menempati posisi ke-18 dengan jarak tiga poin dari Watford di dasar klasemen.

Sebagai tim tamu, Leicester mampu menguasai jalannya pertandingan. Sejak menit awal tim besutan pelatih Brendan Rodgers itu langsung menekan pertahanan tuan rumah. Pesta gol Leicester dibuka oleh Chilwell yang sukses menuntaskan bola tepisan kiper Soton, Angus Gunn atas sepakan Harvey Banes.

Sejak babak pertama tuan rumah harus bekerja keras menahan gempuran tim tamu. Situasi ini diperparah oleh kartu merah yang diterima Ryan Bertrand akibat pelanggaran keras terhadap Ayoze Perez. Kartu merah tersebut diterima di menit ke-12. Praktis tuan rumah tak bisa berbuat banyak untuk menghindari gawangnya dari kebobolan demi kebobolan.

Kubu Leicster pun tak kuasa menahan kegembiraan. Seperti dikatakan sang pelatih, Leicester tampil sangat baik. Brendan Rodger yang pernah menangani Liverpool mengaku bangga dengan performa anak asuhnya.

“Dalam hal intensitas dalam menekan dan mengedarkan bola seperti yang kami lakukan, saya sangat bangga pada tim saya,” beber Brendan Rodgers.

Lebih lanjut pelatih berusia 46 tahun itu mengatakan tekanan demi tekanan yang dilancarkan timnya terbukti efektif. Tuan rumah tak bisa berbuat banyak untuk menghindari gawangnya dari kebobolan banyak gol..

“Kami mencoba menekan mereka secara mentalitas agar kami bisa terus melaju dan kmi terus melakukannya hingga selesai, dengan sembilan gol, dan ini upaya luar biasa saat kami bermain di kandang lawan,” sambungnya.

Susunan pemain Southampton versus Leicester City:

Southampton : Angus Gunn; Jannik Vestergaard (Jack Stephens 46′), Maya Yoshida, Jan Bednarek; Ryan Bertrand, Pierre Hojbjerg, Oriol Romeu, Yann Valery (Stuart Armstrong 70′); Nathan Redmond, Danny Ings (Kevin Danso 46′), James Ward Prowse.

Pelatih: Ralph Hasenhüttl

Leicester City : Kasper Schmeichel, Ben Chilwell, Caglar Soyuncu, Jonny Evans, Ricardo Pereira; Wilfred Ndidi, Harvey Barnes (Marc Albrighton 72′), James Maddison, Youri Tielemans, Ayoze Perez (Demarai Gray 74′; Jamie Vardy.

Pelatih: Brendan Rodgers

Bungkam Dortmund, Inter Jaga Persaingan dengan Barcelona di Grup F Liga Champions

Inter Milan tampil luar biasa di matchday ketiga Liga Champions Eropa yang digelar di kandang sendiri di Stadion Giuseppe Meazza pada Rabu, 23 Oktober 2019 waktu setempat atau Kamis dini hari WIB. Sebagai tuan rumah, Internazionale menang atas tamunya Borussia Dortmund. Laga itu berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan tuan rumah.

Sepasang gol Inter disumbangkan oleh Lautaro Martinez di menit ke-22 dan Antonio Candreva di menit ke-89. Kemenangan ini membuat Inter Milan kini terlibat persaingan dengan Barcelona dan Dortmund di grup tersebut.

Tambahan tiga poin mendongrak posisi Inter ke urutan kedua dengan raihan total empat poin dari tiga laga. Inter unggul selisih gol dari Dortmund dan berjarak tiga poin dari Barcelona di puncak klasemen sementara.

Gol pertama Inter di laga ini terjadi berkat kejelian Lautaro Martinez untuk lolos dari jebakan offside untuk menuntaskan umpan terukur Stefan de Vrij. Dengan tenang pemain muda Argentina itu menggetarkan gawang Die Borussien yang dijaga Roman Burki.

Jelang bubaran Burki dipaksa kembali memungut bola dari dalam gawangnya. Gol ini berawal dari  umpan Marcelo Brozovic yang mampu diselesaikan dengan baik oleh Candreva.

Pelatih Inter, Antonio Conte menyebut Dortmund menghadapi timnya dengan rasa was-was. Ia mengatakan hal tersebut berangkat dari formasi yang dipakai lawan di laga ini.

“Borussia Dortmund mengubah sistem mereka menjadi lima bek, yang berarti mereka takut dengan kami dan ingin bermain dengan mengubah pendekatan mereka untuk mengopi sistem kami,” beber Conte.

Lebih lanjut mantan pelatih Chelsea itu mengatakan sekalipun lawan mengubah strategi, pihaknya pun telah mengantisipasi hal tersebut. Bahkan ia menyebut mereka mampu beradaptasi dengan perubahan pola tim besutan Lucien Favre itu.

“Kami sebenarnya mempersiapkan diri untuk laga yang sangat berbeda, tapi tampil baik untuk menyesuaikan diri. Ketika Dortmund kembali ke pola 4-2-3-1 setelah jeda, kami menyesuaikan diri lagi dan mengambil control,” sambungnya.

Sebelum pertandingan, Conte mengatakan dirinya sudah menginstruksikan kepada para pemain untuk menguasai lini tengah. Hal ini penting untuk meredam agresivitas Dortmund yang dikenal berbahaya saat melakoni serangan balik.

“Kami sudah mempersiapkan diri untuk menekan mereka di area-area tertentu lapangan dan mereka mengubah sistem, jadi itu tak lagi valid. Hal terpenting yang saya beri tahu ke anak-anak adalah untuk tak kehilangan penguasaan bola di area tengah, karena di sanalah mereka bergerak maju dari serangan balik,” tegas pria asal Italia itu.

Susunan pemain Inter Milan versus Borussia Dortmund:

Inter Milan (3-5-2): 1-Samir Handanovic; 2-Diego Godin, 6-Stefan de Vrij, 37-Milan Skriniar; 87-Antonio Candreva, 5-Roberto Gagliardini, 77-Marcelo Brozovic, 23-Nicolo Barella, 18-Kwadwo Asamoah (34-Biraghi 80′); 10-Lautaro Martinez, 9-Romelu Lukaku (30-Sebastiano Esposito 62′).

Pelatih: Antonio Conte

Borussia Dortmund (3-4-2-1): 1-Roman Burki; 16-Manuel Akanji (34-Jacob Larsen 74′), 33-Julian Weigl, 25-Mats Hummels; 5-Achraf Hakmi, 28-Axel Witsel, 6-Thomas Delaney (8-Mahmoud Dahoud 65′), 14-Nico Schulz; 23-Thorgan Hazard (13-Raphael Guerreiro 84′), 7-Jadon Sancho, 19-Julian Brandt.

Pelatih: Lucien Favre

Sterling Gemilang, Man City Cukur Atalanta di Liga Champions

Raheem Sterling mencuri perhatian pada matchday ketiga Liga Champions Eropa saat memperkuat Manchester City menghadapi Atalanta. Pemain internasional Inggris tiu menycetak tiga gol pada pertandingan yang digelar di Stadion Etihad pada Selasa, 22 Oktober 2019 waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.

Tiga gol Sterling tercipta di menit ke-58, 64, dan 69. Sementara dua gol lainnya dicetak oleh Sergio Aguero di menit ke-34 dan 38. Sementara itu gol semata wayang tim tamu dicetak oleh Ruslan Malinovsky di menit ke-28.

Kemenangan ini membuat Manchester City nyaman di puncak dengan koleksi poin sempurna dari tiga pertandingan. Sementara itu Atalanta yang gagal “move on” dari hasil buruk di dua laga sebelumnya masih mendekam di dasar klasemen. Atalanta tertinggal empat poin dari Shakhtar Donetsk dan Dinamo Zagreb di urutan ketiga dan kedua.

Meski tampil di hadapan pendukung sendiri, Manchester Biru sempat dibuat terkejut dengan aksi Malinovsky di menit ke-28. Pemain tersebut berhasil menggetarkan gawang City yang dijaga Ederson Moraes. Beruntung Sergio Aguero mampu menyamakan kedudukan dan sebelum turun minum membawa City berbalik memimpin.

Sterling tampil gemilang di paruh kedua dengan mencetak hattrick alias tiga gol. Performa gemilang Sterling di laga ini menuai banyak pujian. Salah satunya datang dari pelatih City, Pep Guardiola.

“Kami bersama selama empat tahun dan saya berkali-kali menjawab pertanyaan ini. Dia (Ssterling) bisa lebih baik tetapi dia sempurna. Fisiknya, dia kuat, dia bisa bermain sehari setelah pertandingan, regenerasinya sangat kuat. Dia adalah pemain yang luar biasa,” beber Guardiola.

Lebih lanjut mantan pelatih Barcelona itu mengatakan Sterling memiliki kemampuan mumpuni di berbagai posisi. Selain bermain di kedua sayap, Sterling juga kerap membantu pertahanan.

“Dia bisa bermain di kedua sisi, secara defensif dia banyak membantu kami. Dia adalah pemain yang luar biasa. Itu tergantung pada dia tetapi dia memiliki keinginan untuk berbuat lebih baik,” sambung Guardiola.

Susunan Pemain Manchester City versus Atalanta:

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Rodri (John Stones 41′), Fernandinho, Benjamin Mendy (Joao Cancelo 71′); Ilkay Gundogan, Phil Foden, Kevin De Bruyne (Nicolas Otamendi 67′); Riyad Mahrez, Sergio Aguero, Raheem Sterling.

Pelatih: Pep Guardiola

Atalanta (3-4-3): Pierluigi Gollini; Rafael Toloi, Berat Djimsiti, Andrea Masiello (Mario Pasalic 45′); Robin Gosens, Remo Freuler, Martin de Roon, Timothy Castagne; Alejandro Gomez (Luis Muriel 45′), Josip Ilicic (Hans Hateboer 72′), Ruslan Malinovskiy.

Pelatih: Gian Piero Gasperini