Arsenal Takluk dari Sheffield United di Pekan Sembilan Liga Inggris

Arsenal mendapat pil pahit di pekan sembilan Liga Primer Inggris. Tim berjuluk The Gunners itu tersungkur di Stadion Bramall Lane pada Senin, 21 Oktober 2019 waktu setempat atau Selasa dini hari WIB saat menghadapi tuan rumah Sheffield United. Arsenal kalah tipis, satu gol tanpa balas.

Gol semata wayang tuan rumah dicetak oleh Lys Mousset di menit ke-30. Kekalahan ini cukup mengejutkan bagi para penggemar skuad Meriam London. Gagal mendapat poin dari laga tandang ini membuat tim besutan pelatih Unay Emery itu gagal menggeser Chelsea dan Leicester City di lingkaran tiga besar.

Arsenal kini mengemas total 15 poin dari sembilan pertandingan dan berada di posisi kelima. Sementara itu di urutan kedua ada Manchester City dengan tabungan total 19 poin dan berjarak enam poin dari Liverpool di urutan teratas.

Sementara itu bagi Sheffield tambahan tiga poin ini membuat perolehan poin tim tersebut menjadi 12 poin dari sembilan pertandingan. Tim promosi itu pun merangsek ke urutan kesembilan dan hanya berjarak tiga poin dari Arsenal.

Arsenal sebenarnya mampu menguasai jalannya pertandingan. Penguasaan bol tim asal London tersebut mencapai lebih dari 65 persen. Sayangnya penguasaan bola itu tidak berbanding lurus dengan jumlah gol yang tercipta.

Kekalahan ini pun membuat Arsenal mendapat sorotan. Salah satu kritik datang dari mantan pemain Manchester United, Patrice Evra. Evra menyoroti sisi mentalitas skuad Arsenal saat ini. Sambil memuji Sheffield yang dinilai layak menang, mantan pemain tim nasional Prancis itu menyebut tim tersebut terlihat masih seperti seorang bayi.

“Sheffield United layak dengan kemenangan itu, tapi saya tak terkejut soal Arsenal. Saya dulu memanggil mereka ‘bayi saya’ 10 tahun lalu, dan mereka masih begitu ketika saya melihat mereka dan rasanya mereka adalah ‘bayi saya’ dan itulah kebenarannya, saya tak sedang melecehkan ketika mengatakan itu,” beber Evra.

BACA MENGENAI  Leicester Pesta 9 Gol ke Gawang Southampton di Pekan 10 Liga Inggris

Evra yang berposisi sebagai bek menyebut Arsenal sebenarnya bermain baik. Namun kemampuan tersebut tidak dibarengi dengan mentalitas untuk menjadi tim juara.

“Mereka tampak cantik, tapi mereka tidak terlihat seperti tim juara. Mereka memainkan sepakbola yang bagus, tapi saya dulu sangat senang menghadapi mereka, karena saya tahu saya akan menang,” sambungnya.

Sementara itu pelatih Arsenal, Unay Emery mengaku timnya sebenarnya pantas meraih kemenangan. Namun peluang demi peluang yang dimiliki gagal dikonversi menjadi gol.

“Kami tidak pantas kalah dan kami mendapat banyak sepak pojok di babak pertama dan mereka mencetak satu gol. Namun yang utama, kami harus bisa lebih mengantisipasi bola-bola seperti itu,” beber mantan pelatih Paris Saint-Germain (PSG) itu.

Susunan pemain Sheffield United versus Arsenal:

Sheffield United (3-5-2): 1-Dean Henderson; 6-Cris Basham, 12-John Egan, 5-Jack O’Connell; 2-George Baldock, 7-John Lundstram, 16-Oliver Norwood (9-Oliver McBurnie 86′), 4-John Fleck, 3-Enda Stevens; 17-David McGoldrick (8-Luke Freeman 78′), 22-Lys Mousset (10-Billy Sharp 55′)

Pelatih: Chris Wilder

Arsenal (4-2-3-1): 1-Bernd Leno; 21-Calum Chambers, 5-Sokratis Papastathopoulos, 31-Sead Kolasinac; 29-Matteo Guendouzi 34-Granit Xhaka (9-Alexandre Lacazette 68′); 19-Nicolas Pepe (35-Gabriel Martinelli 78′), 28-Joe Willock (8-Dani Ceballos 46′), 77-Bukayo Saka; 14-Pierre-Emerick Aubameyang

Pelatih: Unai Emery